banner here

Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Layar PC/Laptop Untuk Semua OS

- Januari 04, 2018
advertise here
Sreenshot atau biasa dikenal print screen/screen capture adalah gambar yang diambil dari layar.Screenshot adalah suatu kegiatan mengambil atau merekam gambar dari suatu perangkat.Screenshot dapat berupa gambar desktop,gambar web,atau gambar lainnya yang ada pada layar kita.

Mengambil screenshot pada komputer merupakan hal yang sering dilakukan untuk sekedar memamerkan atau mengabadikan suatu moment penting pada komputer kita.Banyak cara untuk mengambil screenshot pada layar komputer kita.Salah satunya menggunakan fitur bawaan Windows salah satunya snipping tools.

Cara Paling Mudah Mengambil Screenshot Pada PC/Laptop

Ada banyak cara untuk mengambil tangkapan layar/screenshot pada PC/Laptop kita.Berikut merupakan cara yang paling mudah dan banyak dilakukan untuk mengambil screenshot.Silahkan simak caranya dari awal sampai akhir.

Cara Mengambil Screenshot Untuk Perangkat Windows

1#Menggunakan Tombol Prt screen
Cara pertama yang paling mudah untuk perangkat dengan sistem operasi Windows adalah menggunakan kombinasi timbol win+prt sc.Cara ini dalah cara yang paling simple dan paling banyak digunakan.Dengan menekan kedua kombinasi tombol win+prt sc gambar hasil tangkapan layar/screenshot akan langsung masuk kedalam folder screenshot yang biasanya terletak pada pictures.

2#Menggunakan Snipping Tool
Yang kedua adalah menggunakan Snipping Tool untuk mengambil screenshot.Snipping Tool merupakan fitur atau tool bawaan windows yang dapat menangkap atau memotret tangkapan layar pada suatu bagian tertentu.Berikut adalah caranya:
  • Klik pencarian lalu ketik "snipping tool"
  • Buka Snipping Tool
  • Pilih New untuk mengambil gambar baru
  • Seleksi bagian yang ingin kamu ambil
  • Save

 

Cara Mengambil Screenshot Untuk Mac

Kamu dapat menggunakan kombinasi tombol  ⌘ + Shift + 3 untuk mengambil seluruh tampilan layar di mac dan akan langsung tersimpan kedalam desktop.Jika ingin mengambil bagian tertentu pada layar,kamu bisa menggunakan kombinasi tombol  ⌘ + Shift + 4 untuk menyeleksi tampilan yang ingin kamu ambil dengan menggerakkan kursor + dan akan langsung tersimpan kedalam desktop kamu.

 

Cara Mengambil Screenshot Pada Linux

Untuk sistem Linux/UNIX, tombol Print Screen dapat digunakan untuk mengambil gambar pada seluruh layar. Jika Anda menekan tombol Print Screen + Alt, perintah ini hanya akan mengambil gambar pada bagian dimana mouse Anda menunjuk. Perintah ini juga akan diikuti oleh penampilan jendela dialog Save Screenshot.

 

Cara Mengambil Screenshot Menggunakan Software

Kamu bisa mengambil screenshot dengan memanfaatkan aplikasi atau sofware pihak ketiga seperti Lightshoot.Lightshot adalah software Screenshot yang dapat kamu install di Mac dan Windows anda. Apabila kita sudah memasang aplikasi ini di komputer, maka tombol “Print Screen” akan berpindah fungsi menjadi tombol untuk menjalankan Lightshot. Jika kita tekan tombol “Print Screen”, aplikasi Lightshot otomatis akan dijalankan. Di dalamnya sudah terdapat  banyak sekali menu dan kapabilitas tambahan untuk menambah keren hasil tangkapan layar atau screenshoot kamu.

Berikut adalah artikel Cara Mudah Mengambil Screenshot Pada Layar PC/Laptop.Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua.Sekian dan terimakasih.
Advertisement advertise here


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search